Jumat, 13 Februari 2015

Sekilas MTs. Istikmalunnajah



A. SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA MADRASAH

           Jauh sebelum menjamurnya lembaga-lembaga pendidikan di daerah pedesaan, berdirilah sebuah pondok kecil di dusun pakotan desa pasongsongan kecamatan pasongsongan, dengan nama pondok Al-istikmal yang menyelenggarakan pendidikan keagamaan.
Seiring dengan perkembangan pendidikan di pesantren tersebut, masyarakat mulai menyadari pentingnya ilmu pengetahuan bagi masa depan generasi muda penerus perjuangan bangsa, sehingga mereka menginginkan berdirinya sebuah lembaga pendidikan formal bernuansa islam setingkat sekolah lanjutan pertama, sehubungan dengan didirikannya lembaga pendidikan formal bernuansa islam setingkat sekolah dasar beberapa sebelumya.
Berangkat dari tuntutran masyarakat pasongsongan itulah kemudian para tokoh masyarakat berinisiatif untuk membidani lahirnya sebuah lembaga pendidikan bernuansa islam setingkat sekolah lanjutan pertama tersebuat. Setelah melalui beberapa kali diskusi, pertemuan dan musyawarah mufakat akhirnya pada tahun 1983, berdirilah lembaga pendidikan dimaksud dengan nama Madrasah Tsanawiyah Istuikmalunnajah (MTs.I) yang ditetapkan dikomplek Pondok Al-Istikmal, dengan tenaga pendidik yang direkrut dari tokoh-tokoh dan pemerhati pendidikan di sekitar pesantren.
Satu tahun kemudian, dengan memperhatikan pertimbangan lokasi yang kurang strategis, dan berdirinya lembaga pendidika umum setingkat sekolah lanjuta pertama di wilayah kecamatan pasongsongan, maka lokasi Madrasah Tsanawiyah Istiklmalunnajah kemudian di pidahkan kelokasi yang strategis dengan menumpang pada lembaga pendidikan islam yang lain yaitu Madrasah Ibtida’iyah Annajah yang terletak di dekat jalan raya jalur utama trasportasi Sumenep – Kamal.
Dengan pidahnya lokasi Madrasah Tsanawiyah Istikmalunnajah dari komplek pondok pesantren Al-Istikmal ke lokal Madrasah Ibtidaiyah Annajah, maka Kepala Madrasah Tsanawiyah Istikmalunnajah ketika itu yang juga sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Al-Istikmal kemudian meyerahkan pengelolaan lembaga tersebut kepada Yayasa Lembaga Pendidikan Ma’arif Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) kecamatan Pasongsongan yang memang menangani program pendidikan keislaman.
Setelah 5 tahun menumpang di MI Annajah, Yayasan Lembaga Pendidikan Ma’arif mendapatkan sebidang tanah wakaf seluas 900 m2  dari seorang dermawan yang lokasinya tepat di sebelah MI Annajah, yang kemudian dibangun diatasnya 3 lokal Madrasah Tsanawiyah Istikmalunnajah. Pada tahun yang sama Yayasan Lembaga Pendidikan Ma’arif merintis lembaga pendidikan Formal setingkat sekolah lanjutan atas yang di tempatkan di lokal MI Annajah.
Pada tahun 2003, dengan semakin bertambahnya jumlah siswa di MTs. Istikmalunnajah, maka MTs. Istikmalunnajah menyelenggarakan kelas paralel yang memisahkan antara siswa dan siswi, sehingga menuntut pihak yayasan untuk membangun lokal kelas baru, yang kemudian di tempatkan di lantai atas gedung pertama.
Untuk tahun pelajaran ini, siswa dan siswi yang tercatat sebagai peserta didik MTs. Istikmalunnajah sebanyak 195 orang, yang terdiri dari 90 siswa dan 105 siswi, yang terbagi dalam enam rombel.

B. VISI DAN MISI
1. Visi
“Terbentuknya Peserta Didik yang Jujur, Santun, Unggul dalam Prestasi dengan Pembekalan Iman dan Taqwa (Imtaq) Sesuai dengan Faham Ahlussunnah wal Jama’ah, serta Berilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (Iptek)”
2. Misi
1.   Meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.
2.   Meningkatkan disiplin, kemandirian dan tanggung jawab anak didik sebagai manusia individu dan sosial.
3.   Meningkatkan moral dan akhlaqul karimah.
4.   Mengadakan program ekstrakurikuler dalam pembinaan fisik dan mental yang meliputi: olahraga, keagamaan dan seni.
5.   Menuntaskan peserta didik sampai lulus MTs. Istikmalunnajah dan memberikan subsidi bagi siswa yang tidak mampu.
6.   Pembenahan mental guru, karyawan serta meningkatkan kesejahteraan dan mutu profesionalisme tenaga kependidikan.
7.   Penyediaan sarana pendidikan yang layak serta penyediaan buku pelajaran dan fasilitas pendidikan yang memadai.
8.   Membentuk sumber daya manusia yang aktif, kreatif, inovatif, dan berprestasi sesuai dengan perkembangan zaman, unggul dibidang imtaq dan iptek.
9.   Memberikan jaminan pelayanan yang prima dalam berbagai hal untuk mendukung proses belajar dan bekerja yang harmonis dan selaras.
C. KONDISI OBJEKTIF MADRASAH
1. Tanah yang Dimiliki:
Luas Tanah seluruhnya: 106 m2
 Sumber Tanah
Status Kepemilikan
Sudah digunakan
(m2)
Belum digunakan
(m2)


Pemerintah
-
-
-
-
Wakaf/Sumbangan
106 m2
-
106 m2
-
Pinjam/Sewa
-
-
-
-
2. Keadaan Siswa
KEWARGA-
NEGARAAN
BANYAKNYA PESERTA DIDIK
JUMLAH
 SELURUH
VII
VIII
IX
A
B
JML
A
B
JML
A
B
JML
A
B
WNI Asli
39
42
81
22
48
71
32
39
71
93
129
WNI Keturunan Arab
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
WNI Lain-lain
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
J U M L A H
39
42
81
22
48
70
32
39
71
93
129



222
3. Tenaga Pengajar
Seluruhnya adalah Guru Tetap Yayasan.
NO.
N  A  M  A
Tugas
MATA PELAJARAN
YANG DIAJARKAN


1
Ach. Syarifuddin
Kepala Sekolah
Bahasa Ianggris

2
Moh. Abbas
Wakil Kepala Sekolah
Bahasa Arab

3
Abu Shairy Alwan

Ke-NU-an

4
Ah. Juned Suharyo
BP/BK
Matematika

5
Drs. Hosnan Mustofa

Bahasa dan Sastra Indonesia

6
M. Sahabuddin, S.Pd.
PKM. Kurikulum
Al-Qur'an Hadits

7
Drs. A. Qusyairi
Wali Kelas VIII-B
IPS Geografi

8
Zulaihah
Wali Kelas IX-B
Akidah Akhlaq

9
Syaiful Bahri, A.Md

Ke - Nu - an

10
Ahmad Riyadi, S.Ag.

Matematika

11
Abusiri, S.Ag.
Wali Kelas IX-A
Bahasa Arab

12
Tsuryatul Jamilah, S.Ag.

Bahasa dan Sastra Indonesia

13
Misbahus Surur, S.S.

Bahasa Inggris

14
Moh. Soleh

Fiqih

15
Nurul Qomariyah, A.Ma
PKM Kesiswaan
Pend. Olahraga dan Kesehatan

16
Subhan Rasyid, S.Pd.

Pendidikan Kewarganegaraan

17
Dewi Rahmatul Fawaiz, SH

Pendidikan Kewarganegaraan

18
Abd. Rahman, S.Pd.I

Bahasa Daerah

19
Mahtubatur Rofa'ah, ST.
Bendahara
IPA Fisika

20
 Nurul Zainab, SP.
Wali Kelas VII-B
IPA Biologi

21
Zahratul Jannah, S.Pd

Seni Budaya/Kesenian

22
Edi Hermanto, S.Pd.

Pend. Olahraga dan Kesehatan

23
Siti Janainah, S.Th.I

SKI

24
Akhmad Jasimul Ahyak

Seni Budaya

25
Kholilur Rahman

Fiqih

26
Syamsul Arifin, A.Md
Staff Tata Usaha
Tek. Informasi & Komunikasi

27
Widia Feri Arisi, S.Pd.

Bahasa dan Sastra Indonesia

28
Syarifatul Hasanah, S.Pd.
Wali Kelas VIII-B
Matematika

29
Edi Sucipto
Wali Kelas VII-A
IPS Sejarah

30
Ida Faizailyah

IPS Ekonomi

31
Kamilul Himam
Kepala Tata Usaha
SKI

32
Syafrawi

Bahasa Madura

33
Tsuaibatul Islamiyah, S.Hi

Bahasa Madura


E. Sarana dan Prasarana Pendidikan
No.
Jenis Barang
Jumlah barang
Kondisi Bangunan
Ket
B
RR
RB
1.
Mushalla
1
-
Ö
-

2.
Kantor
1
Ö
-
-

3.
Toilet Guru
1
Ö
-
-

4.
Toilet Siswa
2
Ö
Ö
-

5.
Ruang Komputer
1
Ö
-
-

6.
Ruang Perpustakaan
1
-
Ö
-

8.
Ruang Kelas
6
3
Ö
-

9.
Meja Belajar
161
160
Ö
-

10.
Kantin
1
-
-
Ö


F. Potensi yang mendukung Program Madrasah
a.   Masyarakat Lingkungan Madrasah
b.  Lokasi Madrasah di tengah pusat keramaian
c.   Antusiasme masyarakat terhadap pendidikan keagamaan

G. Prestasi MTs. Istikmalunnajah
a.   Juara III Kejurcab IPSI kategori remaja se-kabupaten Sumenep 2007
b.  Juara III Gerak Jalan putera se-kabupaten Sumenep 2009
c.   Juara II dan VI Olimpiade Matematika 2010
d.  Juara I Tenis Meja Porseni se-kab Sumenep 2011
e.  Best Teen Olimpiade Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2011
f.    Juara II Olimpiade IPS se-kab Sumenep 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar